Kamis, 03 Januari 2013

Konsep Pecahan

Pengertian Pecahan dan Pemahaman Konsep Pecahan


       Pecahan adalah sebagian dari sesuatu yang utuh. Dalam ilutrasi gambar, bagian yang dimaksud adalah bagian yang biasanya ditandai dengan arsiran. Bagian inilah yang dinamakan pembilang. Adapun bagian yang utuh adalah bagian yang dianggap sebagai satuan, dan dinamakan penyebut.
 5/8
  Pemahaman Konsep Pecahan
Kegiatan mengenal konsep pecahan akan lebih berarti bila didahului dengan soal cerita yang menggunakan obyek-obyek nyata misalnya buah : apel, sawo, tomat, atau kue: cake, apem, dan lain-lain. Peraga  selanjutnya dapat berupa daerah-daerah bangun datar beraturan misalnya persegi, persegipanjang, atau lingkaran yang akan sangat membantu dalam memperagakan konsep pecahan. Pecahan ½ dapat diperagakan dengan cara melipat kertas berbentuk lingkaran atau persegi, sehingga lipatannya tepat menutupi satu sama lain. Selanjutnya bagian yang dilipat dibuka dan diarsir sesuai bagian  yang dikehendaki, sehingga akan didapatkan gambar daerah yang diarsir seperti di bawah ini.
         Selain itu  Heruman (2008:44) juga mengemukakan contoh pemahaman konsep pecahan sebagai berikut:
a. Media yang diperlukan
1)      Kertas yang berbentuk lingkaran atau persegi panjang.
2)      Berbagai benda yang dapat dipotong-potong.
b.   Kegiatan Pembelajaran
1) Guru memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (Kontekstual) yang berkaitan dengan pecahan 1/2 seperti:
Susi mempuyai sepotong kue.
    Kue tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama dengan adiknya. 
    Adiknya mendapat ,…   bagian.

 di bagi 2  
2)      Untuk peragaan dengan kertas dalam pengenalan pecahan 1/2, siswa menyediakan kertas berbentuk persegi panjang, lalu kertas tersebut dilipat menjadi dua bagian yang sama. Berilah garis bekas lipatan dan arsir salah satu bagian lipatan.
3)      Siswa kemudian diberi serangkaian pertanyaan:
a)    Berapa bagian kertas yang dilipat? 
( Jawaban yang diharapkan: 2 bagian )
b)   Berapa bagian kertas yang diarsir?
 (Jawaban yang diharapkan: 1 bagian)
c)    Berapa bagian kertas yang diarsir dari semua bagian? (Jawaban yang diharapkan: 1 dari 2)
     apabila ditulis dalam bentuk pecahan: 1/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar